DCS F-18C Cockpit Build – Bagian 1

Ini merupakan bagian pertama dari beberapa tahap proses pembuatan DCS F-18C Cockpit.

Latar Belakang

Sebelum pembuatan cockpit F-18C untuk DCS, penulis pernah membuat Cockpit untuk VR Gaming multi fungsi. Tujuannya saat itu adalah untuk membuat cockpit yang dapat digunakan di DCS untuk berbagai pesawat mulai dari F-18C sebagai pesawat utama yang lebih sering digunakan, AV-8B, Mirage 2000C sebagai pesawat tempur alternatif yang dapat disimulasikan menggunakan VR Cockpit tersebut.

Pembuatan VR Cockpit versi pertama tersebut lebih diarahkan fungsional, menggunakan sistem prototipe dengan koneksi kabel yang tidak terencana, 3D Printing seadanya dengan ukuran yang diusahakan mendekati cockpit yang dituju yaitu 3 pesawat diatas. Hal tersebut menyebabkan posisi tombol, saklar toggle dan lainnya sangat banyak karena bisa untuk mensimulasikan ke-3 pesawat tersebut.

Dari sisi pengerjaan juga kasar dan jauh dari aslinya. Secara fungsi VR Cockpit versi pertama lumayan baik dan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Beberapa kekurangan dari VR Cockpit versi pertama adalah, penempatan posisi saklar tidak sesuai dengan kondisi di cockpit pesawat yang disimulasikan, hal tersebut disebabkan karena sifatnya yang multi fungsi bukan untuk satu jenis pesawat saja.

Kualitas konstruksi dan koneksi kabel yang kurang baik seringkali menyebabkan saklar, tombol yang ditekan tidak berfungsi atau memberikan response yang diinginkan.

Hal lainnya adalah, karena pembuatan yang kejar tayang dan sifatnya prototipe kasar, maka secara estetika memang tidak menarik meski jajaran saklar dan tombol memberikan tampilan yang cukup canggih kelihatannya, namun memang tetap terlihat banyak kekurangan secara penampilan

Ulasan, penjelasan fungsi pemakaian cockpit dapat dilihat di video berikut ini:

 

Cockpit Baru F-18C untuk DCS Flight Combat Simulator

Dari pengalaman membuat, dan menggunakan VR Cockpit versi pertama maka banyak hal-hal yang dipelajari baik kelebihan maupun kekurangan:

Kelebihan Cockpit Multi Fungsi DIY VR Cockpit

  1. Dapat digunakan 4 pesawat di Simulator DCS dari mulai F/A18C Hornet, Mirage 2000, A-10 Warthog dan juga AV-8B Harrier.
  2. Pengaturan tombol juga sedemikian rupa sehingga tetap mudah dijangkau, dan menggunakan material yang relatif lebih murah, meski harus ada beberapa bagian di print 3D
  3. Dengan tersedianya tombol lebih dari 200 tombol fungsi yang dapat di map ke DCS ke masing2 pesawat sesuai kebutuhan sudah sangat terpenuhi kebutuhannya.
  4. Karena terbuat dari bahan plastik maka relatif tidak berat bahkan di pasang di movable platform.
  5. Pemakaian VR pada dasarnya tidak membutuhkan kokpit yang indah dengan berbagai marking atau pengecatan khusus karena setelah menggunakan VR tidak lagi dapat melihat cockpit fisik juga.

Kekurangan:

  1. Banyak nya tombol dan multi fungsi meski flexibilitas tinggi namun menyebabkan cockpit sulit digunakan dengan kombinasi VR, karena untuk menemukan tombol atau switch yang diinginkan menjadi sulit karena letaknya berdekatan dan menghafalkan sedemikian banyak tombol memang akan sangat menantang. Hal tersebut merupakan kekurangan paling signifikan
  2. Pembuatan nya yang relatif cepat dan sebagian besar menggunakan 3D printed materials tanpa adanya customization atau rancangan yang lebih baik menyebabkan kualitas nya memang buruk seringkali koneksi kabel dan secara fisik tidak lah rigid atau mantap digunakan. Kadangkala koneksi buruk menyebabkan saklar tidak berfungsi.
  3. Penggunakan sistem koneksi saklar ke MMJOY2 dengan sistem matrix (bukan shift register) membuat kompleksitas koneksi kabel (sehingga seringkali kabel lepas, tertarik, kurang kuat soldernya dsb) menyebabkan rentan gangguan dan membuat instalasi elektronik semakin rumit/ribet.

Dengan kelebihan dan kekurangan tersebut. Penulis merasakkan pentingnya button box atau cockpit yang baik agar pengalaman menggunakan simulator semakin terasa real, atau immersive.

Tentunya adanya mimpi untuk membuat cockpit yang lebih baik dan realistik menjadi target berikutnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s