Berita Seputar VR – 16 Okt 2017

Oculus Turun Harga Secara Permanen

Oculus Rift kembali turun harga di US ke 399 USD turun dari 499 USD, atau di Indonesia sekitar 11-12 jutaan lebih (berikut ongkir dan pajak bea masuk) Yang tadinya dikisaran 12.5-14 jutaan.

Memang harga jual di Indonesia masih cukup tinggi hal ini diakibatkan ongkos kirim yang sifatnya bukan bulk (bukan barang mass product) dan juga terkena bea cukai yang cukup tinggi untuk piranti ini.

Namun potongan harga tersebut lumayan membantu.

https://www.roadtovr.com/bought-oculus-rift-just-before-last-weeks-price-cut-2-ways-you-could-get-a-100-refund/

Oculus meluncurkan Oculus Go

Oculus Go, merupakan piranti VR standalone dari Oculus, yang memungkinkan pemakai menikmati konten VR tanpa perlu perangkat PC Desktop/Laptop. Oculus Go merupakan piranti mandiri yang sudah dilengkapi tampilan dan processing unit dengan koneksi wireless. Oculus Go di beri harga jual USD 199 di US, dan ditujukan untuk pemakaian lebih awam, tanpa perlu kerumitan setup sensor, dan memiliki fitur tanpa kabel (wireless, non-tethered) tidak seperti Oculus Rif. Namun demikian sesuat target pasarnya, Oculus Go memiliki tingkat fidelity yang lebih rendah dari Oculus Rift untuk saat ini. Namun sesuai statement pemilik Oculus yaitu Facebook founder Mark Zuckerberg kedepannya konsep Oculus Go merupakan solusi yang lebih baik dibandingkan Oculus Rift dengan sistem tethered atau kabel. Tentunya tergantung dari perkembangan teknologi processor dan graphic processor yang jauh lebih hebat dan hemat daya.

https://www.oculus.com/go/

Apple menyusul dengan produk VR nya?

Apple sampai saat ini belum ikut-ikutan terjun ke dunia VR, namun mungkin dalam waktu dekat? tentunya dengan kualitas Apple yang cukup tinggi standarnya? mungkin tidak dalam waktu dekat dengan slogannya “bukan yang pertama tapi yang terbaik”

https://www.roadtovr.com/apple-ceo-ar-headsets-dont-want-first-want-best/

Nonton Konser bareng VR user lainnya

Oculus meluncurkan “Oculus Venue” yang memungkinkan user VR menonton konser atau konten VR lainnya bareng temen2 VR user lainnya. Suatu saat bisa sepi loket menonton konser atau bioskop? Membayangkan nonton bareng dengan teman yang satu di benua lain tapi serasa di kursi sebelahnya duduk bareng ngobrol satu sama lain. Hmmm.

https://www.roadtovr.com/oculus-venues-social-vr-viewing-1000-people-oculus-connect-4/

Big Data dan analytic aplikasi di dunia VR

Bayangkan perkembangan big data dan analytic yang ada saat ini untuk menganalisa trend user dan konsumen. Kebayang nantinya Internet of Things yang terkoneksi langsung ke internet dan akumulasi sensor kamera dsb mengawasi gerak-gerik konsumer dan user, mengumpulkannya dalam suatu big data, namun kali ini tampilannya dalam bentuk Augmented Reality atau VR yang memberikan informasi2 seperti artikel dibawah ini. Atau pola gerakan, trend, perhatian konsumen/user secara lebih terperinci secara 3D??? Bisa jadi risiko intrusi privasi dan kerahasiaan menjadi masalah namun bisa saja ini diterapkan di kantor? dan ruang dengan perjanjian privasi seperti disclaimer saat ini (umumnya secara tertulis).

https://vrscout.com/news/vr-heat-map-analytics-designers-retailers/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s