Film terkait Virtual Reality

Memahami suatu teknologi yang kadang sulit dipahami kadang2 lebih mudah dengan melihat film. Film science fiction yang bagus tidak hanya didasari imajinasi belaka namun kadang kala dibuat berdasarkan riset atau studi yang sudah ada dan ditambahkan bumbu2 imajinasi.

Sebagian besar yang di filmkan beberapa teknologi seperti smartphone, smartwatch, virtual reality equipments, Personal Computing, tablet, laptop, dan peralatan gadget yang mungkin saat itu tidak terbayangkan sudah menjadi kenyataan. Entah karena produsen terinspriasi film atau sebaliknya film dibuat berdasarkan studi awal/riset yang dipubilkasikan maupun gosip.

Namun cukup menarik untuk melihat apa saja yang sudah dibuat oleh para pembuat film di jamannya. Kali ini film2 terkait Virtual Reality. Film seperti Matrix mungkin sebagian besar orang sudah menontonnya, memang penggambarannya cukup extreme karena antarmuka VR nya langsung ke syarah. Seperti juga film Avatar dan lainnya.

Film Lawnmower Man contohnya merupakan film wajib ditonton para penggemar VR karena memang salah satu yang mengambarkan VR secara spesifik

Film seperti The Thirteen floor juga menyajikan cerita yang menarik dimana dunia Virtual di dalam dunia Virtual dan di dalam dunia Virtual menggambarkan kemungkinan berlapis yang menarik untuk di tonton dan bayangkan kalau itu terjadi saat ini :):)

The Surrogates juga memberikan gambaran bagaimana seseorang bekerja di dunia Virtual dengan tampilan yang lebih muda, padahal hanya duduk di mesin VR di rumah dan memang sudah tua dan tidak begitu sehat.

Dibawah adalah daftar film berdasarkan beberapa yang sudah ditonton Hobby Tech maupun yang belum pernah. Kebanyakan memang ada B-Rated movie atau yang kualitas nya kurang dengan budget terbatas.

 

 

  1. Lawnmower Man 1992
  2. Virtuosity 1995
  3. Thirteen Floor 1999
  4. The Matrix 1999, serta film Matrix kelanjutannya, 2003 dst.
  5. Avatar 2009
  6. Surrogates 2009

Beberapa film lainnya yang mungkin berhubungan dengan Virtual Reality. Silahkan memberikan komentar kalau ada film2 lain yang berkaitan dengan VR.

Tentunya ada yang menggambarkan VR sebagai piranti yang sangat membantu manusia namun juga dapat disalah gunakan, seperti juga teknologi lain pada umumnya. So take it with a grain of salt.

Selamat menikmati judul2 film diatas….
Salam VR

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s